Pages

Banner 468

Sabtu, 01 September 2012

MANFAAT MENANGIS

0 komentar
tipskesehatan.web.id

Siapa saja orang di dunia ini yang tidak pernah menangis, tentu saja semua orang pasti pernah mengalaminya. Baik tua muda, kaya miskin, dan segala jenis tipe orang. Banyak menangis membuat mental sangat lembeb, pendapat ini dilontarkan oleh para lelaki yang merasa dirinya bangga dengan mentalitas prima dan jarang menangis. Padahal secara kebanyakan orang mengalami seringnya menangis dengan berbagai macam situasi dan kondisi, membuat hati menjadi lebih dapat mengerti dan memahami akan eksistensi kehidupan, baik dengan pasangan hidup, saudara, orang tua, anak, hubungan dengan manusia lainnya.
Banyak orang mengaku merasa lebih baik setelah menangis. Entah itu untuk meratapi berakhirnya suatu hubungan dekat atau karena frustrasi semata-mata karena mengalami hari yang buruk di tempat kerja, ketika kita menyeka air mata, maka akan tertanam di pikiran kita bahwa dunia bisa tampak normal seperti biasanya, akan tampak baik kembali.
Saat ini, penelitian telah menunjukkan bahwa air mata dapat menjadi cara untuk membilas bahan kimia radikal keluar dari tubuh kita secara alami. Mari kita lihat, mengapa menangis baik untuk dilakukan.

Tiga tipe air mata

1.      air mata emosional atau terkait dengan stres

Sebuah studi oleh Dr William H. Frey II, seorang ahli biokimia di St Paul Ramsey-Medical Centre di Minnesota, menemukan bahwa ada perbedaan kimiawi antara air mata emosional atau yang berhubungan dengan stress, dan air mata yang disebabkan oleh iritasi fisik - seperti saat memotong bawang.
Ditemukan bahwa air mata emosional berisi lebih dari prolaktin hormon berbasis protein, hormon adrenokortikotropik, dan leusin enkephalin (obat penghilang rasa sakit alami), yang semuanya diproduksi oleh tubuh kita ketika sedang stres.
2.      air mata basal
Kita semua membutuhkan lapisan cairan pelindung yang menutupi bola mata yang dikenal sebagai air mata terus menerus atau basal.
Cairan ini disekresikan oleh kelenjar air mata, yang terdapat pada kelopak setiap mata, dan tanpa itu mata kita akan mengalami kekeringan dan rentan terhadap serangan bakteri.
Air mata basal mengandung lisozim, antibakteri yang cepat dan kuat, serta merupakan agen anti-virus. Tanpa ini, jika dalam lingkungan yang lembab, maka sering menderita karena serangan sejumlah bakteri dan sangat membahayakan mata kita.
3.       Air mata
Salah satu fungsi pentingnya menangis adalah untuk melindungi mata kita dari iritasi dan benda asing, seperti debu atau menyingkirkan asap asam ketika memotong bawang.
Air mata ini dikenal sebagai air mata refleks. Ketika mata kita diserang dan mengalami iritasi, kelenjar air mata di mata kita mulai merangsang lebih banyak cairan untuk membersihkan iritasi dan mengeringkannya dari mata.

Jadi, bagaimana air mata membantu kita secara emosional?

Air mata emosional atau air mata yang dihasilkan karena dalam keadaan stres diperkirakan membantu kita melalui masa-masa sulit dalam beberapa cara. Secara fisik, sel-sel otak merespon syaraf untuk mengeluarkan pikiran, bahwa mata untuk mengeluarkan bahan kimia beracun keluar dari tubuh kita, sedangkan secara psikologis bagi kita, memberikan perasaan tenang yang akhirnya menciptakan keadaan sehat pada tubuh kita.

Stres rilis

Menangis adalah tindakan abstrak dari suatu pemikiran yang membantu mengurangi stres, dimana stress memiliki efek merusak pada kesehatan kita dan terkait dengan sejumlah masalah kesehatan seperti jantung, tekanan darah tinggi, diabetes tipe-2 dan obesitas.
Menurut studi Minnesota, menangis dapat membantu untuk membersihkan bahan kimia penghasil stress yang keluar dari tubuh kita, itu salah satu alasan, mengapa kita merasa lebih baik setelah menangis. Tingginya tingkat adrenocorticotrophic (ACTH) telah ditemukan dalam air mata emosional (dibandingkan dengan air mata refleks).
Menghilangkan bahan kimiawi ini dari dalam tubuh sangat bermanfaat karena memicu kortisol, hormon stress, yang jika terlalu banyak dapat menyebabkan masalah kesehatan yang berhubungan dengan stres.
'Menangis dapat membantu melepaskan ketegangan dan stres, serta mengekspresikan emosi, "kata Dr Abigael San, psikolog klinis carteran.
'Ketika kita marah dan stres, kita memiliki ketidakseimbangan dan membangun bahan kimia dalam tubuh yang akan membantu tubuh untuk mengurangi tangisan itu. "

Berurusan dengan kesedihan

Selain melepas zat-zat beracun dari tubuh kita, menangis juga dapat memiliki manfaat psikologis mengangkat suasana hati kita dan membantu kita untuk menghadapi situasi yang menyakitkan.
Menangis secara mendalam, umumnya dirasakan baik bagi kita guna menghadapi masalah dan mengungkapkan emosi terdalam, sehingga membantu kita dapat mengatasi sesudahnya.
'Teori Freudian menyatakan bahwa menangis adalah hal yang menguntungkan untuk mengeluarkan perasaan keluar, karena jika kita membiarkan permasalahan tersebut bercokol di dalam tubuh dapat mempengaruhi kita secara fisik dan psikologis, "kata Profesor Gail Kinman, seorang psikolog kesehatan kerja yang telah melakukan penelitian tentang menangis di tempat kerja.
'Apakah menangis adalah baik untuk kita, sehingga kita sangat tergantung pada alasan untuk itu, konteks, dan bagaimana hal itu ditangani.
'Masyarakat memiliki kecenderungan memandang rendah akan kegiatan menangis, dalam setiap katarsis emosional suatu situasi, seperti tempat kerja, mendapat tekanan karena suatu ketidaksetujuan, malu dan rasa bersalah.
"Banyak wanita dari penelitiannya, bagaimanapun, mengatakan bahwa mereka kadang-kadang merasa seperti mereka perlu untuk menangis karena akan merasa lebih baik. Dan secara emosional dapat mempengaruhi kinerja mereka kembali '

Menangis juga bisa menandakan bahwa kita juga membutuhkan akan bantuan orang lain dan membawa orang-orang tersebut larut dalam masalah kita bersama-sama.

Orang-orang biasanya, lebih memungkinkan dirinya untuk membantu seseorang ketika melihat sesamanya larut dalam kesedihan, sehingga antar sesame manusia larut ke dalam air mata, dan dapat mendorong perilaku membantu.
Hal ini juga dapat sebagai sinyal kontak fisik antar sesama, seperti pelukan atau jabatan tangan, meyakinkan antar sesame bahwa mereka akan baik-baik saja, dalam kontak itulah membantu mengurangi stress bagi orang yang mengalaminya.

Pendekatan kelompok dapat membantu individu dalam mengatasi situasi yang tidak menyenangkan atau sulit.

Terlalu banyak air mata

Namun, sering menangis juga tidak selalu baik untuk kita dan menjadikan tanda bahwa kita dalam kondisi yang lebih serius, seperti gangguan depresi, stres pasca-trauma dan depresi pasca melahirkan. Terlebih lagi, jika ada seorang saudara yang sakit dan dalam masa penyembuhan, kita sebagai keluarga hanya melakukan aksi menangis malah akan menghasilkan dampak yang buruk bagi pasien.
Para peneliti telah menemukan bahwa orang yang menderita gangguan mood cenderung merasa lebih baik setelah menangis. 'Jika Anda tertekan dan menangis sepanjang waktu, itu tidak baik dan Anda mungkin membutuhkan bantuan, "kata Dr Abigael San.

Menghitung air mata

88,8 persen orang merasa lebih baik setelah menangis, dengan 8,4 persen perasaan lebih buruk. Secara rata-rata perempuan menangis 47 kali dalam setahun dan laki-laki hanya tujuh. Sampai pubertas, kadar menangis jauh sama untuk setiap gender - testosteron ternyata juga dapat mengurangi tangisan pada anak laki-laki sementara estrogen dan prolaktin meningkatkan kecenderungan pada anak perempuan. Pria mungkin mengeluarkan racun lebih banyak dari wanita karena pengaruh stress secara emosional sehingga tingkat keasaman keringat laki-laki lebih tinggi daripada wanita.
Ada dalam masyarakat permainan mantra mujarab untuk anak-anak , “Jadilah berani, jangan menangis" , mungkin itu bukan hal yang dapat membantu karena beberapa percaya menangis benar-benar dapat membantu mengurangi rasa sakit.
Menangis lah seperlunya, karena kita memang manusia yang lemah dan tinggalkan yang berlebihan, sesungguhnya yang sederhana dan baik itulah yang baik untuk kita. 

0 komentar:

Posting Komentar